get app
inews
Aa Read Next : Pria 41 Tahun Hilang di DAS Katingan, Petugas Gabungan Masih Proses Pencarian

Banjir, Buaya Bermunculan di Desa KBB Kobar, Warga Diimbau Waspada

Minggu, 21 Januari 2024 | 06:33 WIB
header img
Buaya kembali muncul di Sungai Arut Pangkalan Bun/FOTO: ist

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - Satu bulan terakhir, warga Desa Kumpai Batu Bawah (KBB), Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Kalteng diresahkan dengan kemunculan buaya berbagai ukuran di desa mereka. 

Buaya dari ukuran 1,5 meter sampai 3 meter terpantau warga naik sampai halaman rumah. Buaya liar ini masuk dari saluran irigasi yang bermuara ke Sungai Arut. Saluran irigasi (kanal) itu membelah permukiman masyarakat setempat.

Buaya yang masuk ke permukiman warga disebut mengintai ternak-ternak warga, bahkan tidak menutup kemungkinan mengintai warga yang lengah.

Bukan hanya buaya, banjir juga mengundang ular piton yang mencari mangsa ternak warga baik ayam maupun itik. Hingga saat ini jumlahnya sudah tidak terhitung yang sudah disantap ular. Salah satu warga setempat 

Budi warga setempat mengatakan, buaya yang masuk ke permukiman diduga berasal dari Suaka Margasatwa (SM) Lamandau yang berada di seberang desa mereka. SM Lamandau memang dikenal merupakan habitat buaya. 

“Warga kaget, saat keluar rumah ada buaya di depan rumah mereka, ada beberapa ekor buaya berbagai ukuran yang sudah terlihat naik ke halaman-halaman rumah warga yang rata-rata sudah ditimbun dengan tanah,” ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Desa Kumpai Batu Bawah Bambang Silihwarno mengatakan,  buaya berukuran besar kepergok warga naik ke atas dan berjemur di samping kanal.

Kemudian lanjutnya, saat kepergok buaya langsung turun ke kanal dan menghilang, sehingga keberadaan buaya-buaya tersebut sangat meresahkan.

Ia berharap, agar warga berhati-hati melintas di patok 25 kanal irigasi, karena buaya berukuran besar kerap bersembunyi mengintai mangsanya. 

“Sudah saya koordinasikan dengan BKSDA, pengen saya mereka turun dan melakukan pengawasan dan pemantauan,” harapnya. 

Sementara itu, Kepala SKW II Pangkalan Bun BKSDA Kalteng Dendi Setiadi mengatakan,  banjir membuat buaya masuk hingga permukiman masyarakat di Desa Kumpai Batu Bawah, dan mereka sudah memberikan imbauan agar masyarakat waspada terhadap serangan buaya saat air dalam. 

“Banjir, kemarin ada buaya naik ke atas, anggota sudah kasih imbauan kepada masyarakat untuk hati-hati karena dekat sungai besar,” tandasnya. 

 

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut