Logo Network
Network

Amankan Pemilu 2024, 3.000 Prajurit TNI Dikerahkan di Kalteng

Tim iNewsKobar
.
Jum'at, 02 Februari 2024 | 03:58 WIB
Amankan Pemilu 2024, 3.000 Prajurit TNI Dikerahkan di Kalteng
Dalam rangka memastikan kesiapsiagaan TNI untuk pengamanan Pemilu 2024 dilaksanakannya apel gelar pasukan pengamanan Pemilu bertempat di Lapangan Sepak Bola Korem 102 Panju Panjung di Palangka Raya, Kamis, 1 Februari 2024./FOTO: dok

 

 

PALANGKA RAYA, iNewsKobar.id - Dalam rangka memastikan kesiapsiagaan TNI untuk pengamanan Pemilu 2024 dilaksanakannya apel gelar pasukan pengamanan Pemilu bertempat di Lapangan Sepak Bola Korem 102 Panju Panjung di Palangka Raya, Kamis, 1 Februari 2024.

Danrem 102 Brigjen TNI Iwan Rosandriyanto menyampaikan dalam rangka apel kesiapsiagaan pengamanan pemilu khusus internal TNI, untuk Korem 102 sendiri baik itu komponen Darat, Laut Udara, kerahkan 3.000 personel untuk pengamanan Pemilu di Provinsi Kalimantan Tengah.

Dia mengatakan adanya kegiatan tersebut bertujuan untuk menegaskan komitmen tugas dan kesiapsiagaan prajurit satuan jajaran Kodam XII dalam mengamankan wilayah Kalimantan Tengah selama penyelenggaraan Pemilihan Presiden/Wakil Presiden dan Pemilihan Legislatif yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024. 

"Pesta demokrasi yang telah memasuki tahapan penting yakni masa kampanye menjelang pemilihan Presiden/Wakil Presiden secara langsung, membutuhkan konsentrasi yang tinggi bagi setiap prajurit terkait tugas pengamanan di lapangan," katanya, Kamis, 1 Februari 2024.

Ia juga menyebutkan, tentunya hal tersebut untuk kekuatan di luar dari kekuatan kepolisian, apabila dari Polda dari Polri termasuk dari Polres membutuhkan backup kekuatan, nanti pihaknya siap mem BKO kan.

"Di pagi ini juga sama-sama kita saksikan kita melaksanakan vicon dengan Panglima TNI beliau hadir di Monas Jakarta kemudian Pak Pangdam Mayjen TNI Iwan Setiawan hadir di Pontianak, beliau semuanya menaruh atensi yang sangat tinggi untuk persiapan pengamanan Pemilu,” jelasnya.

Unsur TNI Polri termasuk Gakkum katanya, harus bisa menjamin lancarnya pelaksanaan Pemilu sampai dengan aman nyaman dan damai.

Ia juga mengingatkan, seluruh prajurit dan unsur pimpinan satuan, agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dioperasionalkan guna mengantisipasi segala kemungkinan dan perkembangan situasi yang terjadi di wilayah.

 

Kegiatan tersebut dihadiri Forkopimda Provinsi Kalimantan Tengah, Pj. Wali Kota Palangka Raya, Para PJU Polda Kalteng, Para PJU Korem 102/Pjg, Dandim 1016/Plk,Dandim 1019/Ktg, Perwakilan Pengadilan Tinggi Palangka Raya, KPU Provinsi Kalteng, Bawaslu Kalteng, Perwakilan TNI AL, Perwakilan TNI AU serta diikuti para Prajurit dari ketiga matra. 

Apel ini juga digelar serentak oleh jajaran TNI di seluruh Indonesia, dipimpin Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto dari Silang Monas, Jakarta.

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Berita iNews Kobar di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.