get app
inews
Aa Read Next : Debit Air Naik Waspada Serangan Buaya, Warga Diimbau Kurangi Aktivitas di Sungai

Kalteng Berpotensi Hujan dengan Intensitas Sedang Hingga Lebat Dalam Satu Pekan ke Depan

Selasa, 23 April 2024 | 07:16 WIB
header img
Prakirawan cuaca dari Stasiun Meteorologi Kelas I Tjilik Riwut Palangka Raya, Chandra Mukti menyampaikan kondisi cuaca di Kalimantan Tengah dalam beberapa hari ke depan./FOTO: dok

 

 

PALANGKA RAYA, iNewsKobar.id -  Prakirawan cuaca dari Stasiun Meteorologi Kelas I Tjilik Riwut Palangka Raya, Chandra Mukti menyampaikan kondisi cuaca di Kalimantan Tengah dalam beberapa hari ke depan.

Wilayah Kalteng diperkirakan akan mengalami cuaca berawan hingga hujan ringan, dengan potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir, kilat, dan angin kencang di sebagian besar wilayah.

Suhu udara di Kalimantan Tengah diprediksi berkisar antara 23°C hingga 33°C, dengan kelembaban udara yang berkisar antara 55 persen hingga 100 persen. Angin umumnya bertiup dari arah Barat Daya hingga Timur Laut, dengan kecepatan berkisar antara 10 kilometer per jam.

Selain itu, prakirawan cuaca juga memberikan informasi mengenai tinggi gelombang di wilayah perairan selatan Kalimantan Tengah. Gelombang diperkirakan memiliki tinggi antara 0.5 hingga 0.75 meter, yang dikategorikan rendah.

"Dalam menghadapi kondisi cuaca ini, masyarakat di Kalimantan Tengah diimbau untuk tetap waspada terhadap potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan kilat," ungkapnya, Senin, 22 April 2024.

Masyarakat juga diingatkan untuk mengamankan barang-barang yang rentan terkena dampak cuaca buruk, seperti menghindari area yang rawan banjir dan longsor.

Nelayan dan pengguna perairan juga diingatkan untuk berhati-hati dan memperhatikan informasi mengenai tinggi gelombang sebelum melaut.

"Dengan adanya informasi prakiraan cuaca ini, diharapkan masyarakat Kalimantan Tengah dapat lebih siap menghadapi kondisi cuaca yang mungkin terjadi," pungkasnya.

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Berita iNews Kobar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut