get app
inews
Aa Read Next : DPRD Kobar: Apresiasi Penyaluran 5 Ambulans Darat dan 2 Ambulans Air untuk Puskesmas

Sering Delay, Waket II DPRD Kobar Desak Otoritas Evaluasi Maskapai Nam Air

Senin, 20 Mei 2024 | 05:12 WIB
header img
Wakil Ketua II DPRD Kobar Bambang Suherman./FOTO: dok

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) meminta otoritas bandara dan pihak terkait mengevaluasi pelayanan maskapai Nam Air.

Permintaan disampaikan Wakil Ketua II DPRD Kobar Bambang Suherman, setelah mendapatkan informasi keterlambatan penerbangan yang berulang kali dari Maskapai Nam Air terjadi pada rute Pangkalan Bun - Semarang.

"Beberapa kejadian keterlambatan atau delay penerbangan Nam Air, tentu menjadi masalah serius bagi penumpang yang memiliki jadwal tetap dan terencana," ujar Bambang Suherman.

Ia menuturkan pengalaman pribadinya saat penerbangan yang dijadwalkan pada hari ini berangkat pukul 07.30 WIB mengalami penundaan atau delay hingga pukul 11.00 WIB, dan kemudian diperpanjang lagi hingga pukul 13.00 WIB.

"Seolah tidak ada kepastian dari maskapai ini," keluhnya.

Kondisi ini, menurut Bambang, dinilai mengganggu aktivitas dan produktivitas masyarakat, termasuk kalangan pemerintahan, pelajar, dan pebisnis yang mengandalkan penerbangan tepat waktu.

"Demi kenyamanan dan kepastian jadwal penerbangan, kami meminta operator dan stakeholder terkait regulasi bandara untuk mengevaluasi dan mencari solusi terhadap masalah ini," tegas Bambang.

Ia juga mempertanyakan penyebab keterlambatan yang sering terjadi pada rute Pangkalan Bun - Semarang.

"Nam Air perlu memberikan penjelasan apa sebenarnya masalah yang dihadapi hingga menyebabkan delay berkepanjangan.”

Menurut Bambang, keterlambatan ini tidak hanya berdampak pada waktu tetapi juga pada aktivitas penumpang yang sudah terjadwal.

"Ini merugikan bagi semua pihak yang terlibat, baik masyarakat biasa, pedagang, pelajar, maupun unsur pemerintahan," ujarnya.

Ia  menekankan pentingnya tindak lanjut yang konkret dari pihak otoritas bandara. “Harapannya adalah permasalahan ini dapat segera diatasi agar kejadian serupa tidak terus berulang," tuturnya.

Kejadian tersebut menunjukkan betapa pentingnya kepastian jadwal penerbangan bagi kelancaran aktivitas masyarakat.

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut