get app
inews
Aa Read Next : Diterjang Banjir, Jalan AntarDesa di Lamandau Terputus, Warga Terisolir Butuh Bantuan

Festival Babukung Lamandau Sabet Rekor Muri untuk 1.000 Tatakup

Kamis, 08 Agustus 2024 | 18:50 WIB
header img
Penghargaan MURI diserahkan secara langsung oleh Direktur Operasional MURI, Jusuf Ngadri dan diterima oleh Pj Bupati Lamandau, Lilis Suriani./FOTO: dok

LAMANDAU, iNewsKobar.id - Festival Budaya Babukung Kabupaten Lamandau Kalteng berhasil sabet rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). 

Gelaran ke-9 kali pada 2024 ini, Festival Babukung meraih penghargaan dari MURI untuk 1000 Tatakup atau alat musik bambu yang digunakan penari (Bukung) saat menari.

Penghargaan MURI diserahkan secara langsung oleh Direktur Operasional MURI, Jusuf Ngadri dan diterima oleh Pj Bupati Lamandau, Lilis Suriani usai membuka secara resmi Festival Babukung 2024 di Bundaran Rusa Nanga Bulik, Kamis 8 Agustus 2024.

“Luar biasa, Festival Babukung tahun 2024 ini sangat meriah, apalagi dihadiri oleh perwakilan Kemenparekraf RI, dan kembali mendapatkan penghargaan dari MURI untuk yang keempat kalinya,” ungkap Penjabat Bupati Lamandau, Lilis Suriani.

Ia mengatakan, Festival Babukung 2024 mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia untuk pemeracahan rekor 1000 tatakup pada kegiatan karnaval topeng yang dilaksanakan di area Bundaraan Rusa Nnanga Bulik.

“Seluruh penari peserta karnaval dari seluruh desa yang ada di 8 Kecamatan di Kabupaten Lamandau menggunakan tatakup, dan mendapatkan penghargaan MURI.”

Ia menambahkan, selain memperoleh penghargaan rekor dari MURI, kemeriahan Festival Babukung 2024 terasa natural dengan mengusung tema menjaga tradisi, merawat bumi dan mengarungi era digitalisasi.

“Kita lihat dari karnaval topeng yang dilaksanakan tadi, tidak menggunakan kendaraan bermotor sama sekali, artinya kegiatan ini juga dalam rangka merawat bumi kita dari pencemaran udara,” imbuhnya.

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut