get app
inews
Aa Read Next : KPU Kobar: Dua Bapaslon Pilkada Kobar Lolos Seleksi Administrasi

Ketua KPU: Pemilih Pemula di Kobar Mencapai 23%

Kamis, 15 Agustus 2024 | 05:46 WIB
header img
Anggota KPU Kobar saat melalukan sosialisasi terkait pilkada di sekolah untuk menjaring pemilih pemula./FOTO: dok

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - Untuk meningkatkan angka partisipasi warga dalam Pilkada Kalteng dan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) 2024, KPU Kobar terus melakukan berbagai sosialisasi diantaranya ke berbagai sekolah.

Ketua KPU Kobar Chaidir mengatakan,  sebab tingginya potensi pemilih pemula di sekolah yang mencapai sekitar 23%.

"Karena itulah kami juga berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kobar serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) dalam upaya meningkatkan angka partisipasi Pemilih Pemula pada pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng - Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kobar pada l 27 November 2024,” ujar Chaidir.

Pihaknya bersama Disdikbud Kobar terus melakukan sosialisasi dalam hal keikutsertaan siswa yang telah berusia 17 tahun dan telah memiliki e-KTP.

"Sehingga para siswa yang telah memiliki hak pilih tersebut bisa mendaftarkan diri untuk menyampaikan hak pilihnya pada Pilkada serentak 2024 ini. Selain itu kami bersama Disdukcapil Kobar juga langsung mendatangi k sekolah-sekolah untuk melakukan perekaman e-KTP yang sudah berusia 17 tahun.”

Bagi siswa sekolah yang telah masuk usia 17 tahun namun belum memiliki e-KTP bisa mendatangi kantor Dukcapil Kobar. 

“Para pemilih pemula yang belum terdaftar jangan khawatir hak pilihnya tidak akan hilang, karena masih bisa masuk dalam data Daftar Pemilih Khusus (DPK), bahkan batas waktu perekaman ini sampai hari pelaksanaan Pilkada. Pemilih pemula cukup membawa KTP ke Tempat Pemungutan Suara(TPS), mereka bisa menagunakan hak pilihnya.”

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut