get app
inews
Aa Read Next : Waket DPRD Kobar Minta DLH Segera Cek Pohon yang Sudah Tua untuk Ditebang

Bangun Akulturasi Demi Menjaga Keharmonisan dengan Masyarakat, PT BGA Gelar Forsimas 2024

Sabtu, 07 September 2024 | 15:26 WIB
header img
Johan Sukardi, Direktur Utama PT. Bumitama Gunajaya Abadi & PT. Andalan Sukses Makmur (PT. BGB & PT. ASMR) Anak perusahaan BGA Group didampingi tamu undangan saat memukul gong pertanda kegiatan Forum Silaturahmi Masyarakat (Forsimas) di mulai di GOR Merto Manggau, Sabtu 7 September 2024./FOTO: sigit

 

 

 

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - PT Bumitama Gunajaya Agro (BGA) Group, Region Kotawaringin di Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam), Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng menggelar Forum Silaturahmi Masyarakat (Forsimas), di GOR Merto Manggau Sabtu 7 September 2024.  

Tema acara adalah  “Membangun Akulturasi untuk PT BGA dan Masyarakat yang Lebih Harmonis”.

Tamu yang diundang di antaranya, Asisten 1 Setda Kobar, Tengku Alisyahbana, anggota DPRD Kobar, Tokoh Masyarakat, Perwakilan Polsek Kolam dan Kumai, perwakiln Koramil Kolam, para kepala desa dan warga sekitar perusahaan. 

Menurut Direktur CA & Partnership BGA Group, Priyanto PS, Forsimas diadakan setahun sekali sebagai langkah menjawab dinamika krusial yang kadang tidak bisa dihindari. 

“Di Kalteng banyak kasus penjarahan sawit, perampasan, klaim lahan, ini menurut saya harus diselesaikan dengan ruang yang tidak normatif untuk berdialog langsung dengan masyarakat,” ujar Priyanto seusai acara, Sabtu 7 September 2024.

Ia mengatakan, ke depan acara Forsimas lebih baik digelar diawal tahun. Sehingga preparasi yang harus dilakukan untuk menerima masukan dan untuk mengimplementasikan bisa sepanjang tahun. 

“Sehingga di akhir tahun posisi kita tahu ada di mana. Dan untuk mengimplementasikan tuntutan apa yang mereka mau bisa kita selesaikan sampai akhir tahun,” ungkapnya. 

Sementara itu, Direktur Utama PT Bumitama Gunajaya Abadi, Johan Sukardi menambahkan, kritik dan saran dari masyarakat sekitar itu masukan yang baik bagi perusahaan.

“Kita sudah 5 tahun ini membuka diri, apa yang menjadi masalah terkait ekonomi, budaya. Makanya tahun ini kita membangun akulturasi budaya, supaya berbagai macam peran bisa menjadi satu supaya memiliki kekuatan baru,” ujarnya.


Acara Forum Silaturahmi Masyarakat (Forsimas), di GOR Merto Manggau Sabtu 7 September 2024.

Asisten 1 Setda Kobar, Tengku Alisyahbana mengatakan, peran serta perusahaan di Kobar adalah turut membantu pemerintah daerah dalam hal pembangunan. Untuk itu diharapakan kerjasama dari seluruh perusahaan di Kobar dan berperan aktiv memajukan daerah.

"Khusus PT BGA ini kita nilai baik dalam segala hal. Koordinasi dengan pemerintah, menjalankan kewajiban CSR serta memperdulikan masyarakat sekitar perusahaan,” ujar Tengku kepada iNewsKobar.id, usai acara. 

Ia berharap kegiatan Forsimas ini bisa terus dilakukan setiap tahunnya untuk berdiskusi langsung dengan masyarakat. “Saya kira ini cukup bagus, harapan saya kegiatan seperti ini harus terus dilakukan supaya bisa langsung mengetahui uneg uneg maupun kritik saran dari masyarakat.”

Sementara itu, Ketua Harian Dewan Adat Dayak (DAD) Kobar, Udan Rahman mengapresiasi PT BGA yang telah menggelar acara diskusi dan dialog bersama seluruh elemen masyarakat.

“Kami sangat mengapresiasi kepada PT BGA, sebab silaturahmi semacam ini bisa membuat perusahaan menghilangkan sekat sekat masalah. Hal hal yang akan timbul ke depan bisa mudah diantisipasi lebih awal dengan cara diskusi dengan masyarakat.”

Disela sela acara pihak PT BGA juga membagikan doorprize kepada seluruh tamu undangan yang beruntung. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut