get app
inews
Aa Read Next : M. Yasir Fajar: Pentingnya Peran Media Massa Dalam Menangkal Hoaks

Ajang Budaya, Lomba Kelotok Hias Diapresiasi Anggota DPRD Kobar

Sabtu, 28 September 2024 | 16:16 WIB
header img
Lomba Kelotok Hias di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) kembali menjadi tontonan menarik bagi masyarakat./FOTO: dok

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - Lomba Kelotok Hias di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) kembali menjadi tontonan menarik bagi masyarakat. 

Selain ajang kreativitas, kelotok hias juga merupakan perayaan budaya dan kearifan lokal yang sangat berarti bagi pelestarian tradisi daerah.

 

Anggota DPRD Kobar Muhammad Isro Wahyudin menyambut baik inisiatif ini dan menegaskan pentingnya acara ini dalam memperkuat identitas budaya daerah.

"Lomba Kelotok Hias bukan sekadar tontonan. Ini adalah ajang kebanggaan yang memungkinkan kita untuk mengangkat nilai-nilai seni tradisional, sekaligus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya melestarikan warisan budaya leluhur kita,” ujarnya.

Kelotok hias digelar di sepanjang aliran Sungai Arut ini menghadirkan perahu-perahu tradisional khas Kotawaringin Barat yang dihiasi dengan berbagai ornamen menarik.

Tak hanya pelaku seni lokal, masyarakat umum pun turut ambil bagian dalam menghias kelotok mereka dengan kombinasi unsur tradisional dan modern. Setiap kelotok menampilkan keunikan tersendiri, mulai dari ukiran kayu khas Dayak hingga simbol-simbol modern yang merefleksikan kemajuan zaman.

"Tradisi dan budaya bukan hanya warisan masa lalu. Ini adalah tuntunan moral bagi kita semua agar selalu ingat pada akar budaya dan kearifan lokal yang telah membesarkan kita.”

Ia berharap agar kegiatan ini dapat terus dikembangkan dan menjadi event tahunan yang semakin besar.

"Kita harus terus menjaga dan melestarikan tradisi ini, karena ini bukan hanya kebanggaan Kotawaringin Barat, tapi juga warisan untuk generasi mendatang," tutupnya.

 

 

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut