get app
inews
Aa Read Next : PPK se-Kobar Ikuti Bimtek Penyusunan DPTb dan Penggunaan Aplikasi Sirekap

Komisioner KPU Kobar Ikuti Bimtek Sirekap untuk Pilkada Serentak di Jakarta

Rabu, 09 Oktober 2024 | 07:27 WIB
header img
Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotawaringin Barat (Kobar) Divisi Perencanaan Data dan Informasi (Rendatin) Jaka Wahyu Rahmanto (kiri)dan Operator Sirekap, Muhajir, menghadiri Bimbingan Teknis Aplikasi Sirekap di Hotel Borobudur, Jakartarta./FOTO: dok

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotawaringin Barat (Kobar) Divisi Perencanaan Data dan Informasi (Rendatin) Jaka Wahyu Rahmanto dan Operator Sirekap, Muhajir, menghadiri Bimbingan Teknis Aplikasi Sirekap untuk Pemilihan 2024 di Hotel Borobudur, Jakarta, Minggu 6 Oktober 2024.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua KPU RI, Mochammad Afifuddin. Ia menegaskan, Sirekap berfungsi sebagai alat bantu dalam rekapitulasi perhitungan suara Pilkada 2024.

“Pentingnya uji coba dan simulasi agar KPU provinsi dan kabupaten/kota dapat mengimplementasikan Sirekap secara optimal,” ujar Mochammad Afifuddin.

Sementara itu, Anggota KPU RI, Betty Epsilon Idroos menjelaskan, aplikasi Sirekap terdiri dari dua versi: Sirekap Mobile berbasis Android yang digunakan oleh KPPS untuk mengirim hasil TPS, dan Sirekap Web yang digunakan oleh PPK serta KPU diberbagai tingkatan untuk proses rekapitulasi.

“Kegiatan ini penting untuk mengevaluasi dan menyempurnakan aplikasi Sirekap, dan KPU akan menyediakan Coaching Class bagi admin atau operator yang menghadapi kendala dalam penggunaannya,” ujarnya.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotawaringin Barat (Kobar) Divisi Perencanaan Data dan Informasi (Rendatin) Jaka Wahyu Rahmanto mengatakan, saat pelatihan tersebut, Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi, M. Syahrizal Iskandar turut menyaksikan simulasi penggunaan aplikasi bersama tim Pusdatin KPU. 

“Kegiatan ini dihadiri oleh Anggota KPU Divisi Data dan Informasi dari seluruh provinsi, kabupaten, dan kota se-Indonesia serta pejabat eselon II Setjen KPU dan operator Sirekap dari seluruh Indonesia.”

 

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut