get app
inews
Aa Read Next : Ibu-Ibu Senam Kalteng Gabung Relawan Huma Betang Kuatkan Agustiar-Edy Menangkan Pilgub kalteng

Sekda Kobar: Kotawaringin Barat Miliki 17 Desa Wisata yang Memukau

Senin, 21 Oktober 2024 | 04:47 WIB
header img
Tampak Desa Wisata Pantai Rengas di Desa Sebuai, Kotawaringin Barat./FOTO; dok

 

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) memiliki sebanyak 17 desa wisata yang tersebar di enam kecamatan. Penetapan belasan desa wisata tersebut berdasarkan SK Bupati Kotawaringin Barat Nomor 31 tahun 2021 dan SK Bupati Kobar Nomor 65 tahun 2022. 

17 desa wisata tersebut yaitu Desa Pasir Panjang, dengan kategori maju, Desa Keraya dengan kategori berkembang, Desa Kumpai Batu Atas dengan kategori berkembang, Desa Pangkalan Dewa kategori berkembang, Desa Pangkalan Tiga kategori berkembang, Desa Arga Mulya kategori berkembang, Desa Riam kategori berkembang, Desa Sungai Sekonyer kategori berkembang, dan Desa Lalang kategori berkembang.

Sementara itu, Desa Rungun, Desa Pangkalan Banteng, Desa Berambai Makmur, Desa Penahan, Desa Penyombaan, Desa Lada Mandala Jaya, Desa Sebuai, dan Desa Sungai Bakau merupakan desa wisata dengan kategori rintisan. 

Dengan belasan desa wisata yang dimiliki dengan keunggulan potensi dan karakteristik wisata yang berbeda, pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat berkomitmen memajukan sektor wisata di wilayah setempat. Salah satunya dengan mengembangkan desa wisata. 

Desa Wisata merupakan salah satu objek wisata yang sedang berkembang pada sektor pariwisata. Desa Wisata dikembangkan di kawasan perdesaan yang di dalamnya masih memiliki karakteristik khusus.

Sekretaris Daerah Kobar Rody Iskandar mengungkapkan, desa wisata merupakan aset berharga yang dapat memberikan manfaat ekonomi, budaya dan lingkungan bagi komunitas lokal dan pengunjung. 

“Kemajuan dan peningkatan Desa Wisata dapat menjadi penggerak ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Ia menilai agar desa wisata yang ada ini semakin maju dan berkembang, SDM pengelola desa wisata perlu ditingkatkan pengetahuan dan kompetensinya. 

“Peningkatan pengetahuan dengan memberikan pelatihan kepada pengelola desa wisata.”

 

 

 

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut