Nikmatnya Coto Manggala Khas Pangkalan Bun, Ini Resepnya

Sigit Dzakwan Pamungkas
Coto Manggala asal Pangkalan Bun ini cukup unik, jika kebanyakan soto lain menggunakan bahan dasar nasi./FOTO: ist

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - Banyak cara dan variasi dalam mengolah coto manggala untuk dapat dinikmati sesuai dengan resep dan selera penikmat.

Coto Manggala  sendiri merupakan kuliner khas Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah yang memiliki rasa yang gurih dan lezat.

Coto Manggala asal Pangkalan Bun ini cukup unik, jika kebanyakan soto lain menggunakan bahan dasar nasi, ketupat, ayam dan dicampur bahan lainnya maka, soto ini menggunakan singkong yang menjadi bahan dasarnya. Coto manggala ini disebut juga dengan Coto Ketela.

Manggala memiliki arti singkong atau ketela. Sehingga, jadilah nama coto manggala. Singkong yang digunakan sebagai pengganti nasi atau ketupat ini haruslah singkong yang empuk sehingga menambah kelezatan saat disantap.

Bahan yang harus disiapkan untuk mengolah yaitu, manggala (ketela/singkong) 1 kg, ceker  ayam yang telah dipotong kecil-kecil, atau ayam kampung sesuai selera, daun bombai 1 ons, seledri secukupnya, bawang goreng seperlunya, kayu manis 1 buah (10 cm), penyedap rasa, air 2 liter, secukupnya, bawang putih , merica, garam, bihun secukupnya, wortel, kerupuk ikan pipih, Jahe & bumbu dapur lainnya.

Cara memasaknya pun cukup mudah untuk dipraktikan, dimulai dengan memotong ketela membentuk kotak-kotak (seukuran kelereng), ulek racikan bumbu seperti bawang putih, merica, dan garam, kemudian bumbu ditumis, rebus ketela yang telah dipotong-dipotong (setengah matang) setelah itu buang airnya.

Tambahkan air kembali biarkan hingga mendidih, masukan kembali ketela yang masak setengah matang, potongan-potongan ceker  ayam dan racikan bumbu yang telah diulek tadi dan bawang bombay dsan beri penyedap rasa dan garam. Masak beberapa menit hingga katela terasa sudah empuk.

Hidangkan dengan taburan seledri, bawang goreng dan irisan jeruk nipis, akan terasa lebih sedap bila didampingi dengan kerupuk ikan pipih, dan Soto Manggala anda sudah siap untuk dinikmati.

Editor : Sigit Pamungkas

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network