get app
inews
Aa Read Next : Pangdam Tanjungpura Pimpin Sertijab Asrendam dan Asops Kasdam

Tontaipur Pasukan Elite Kostrad yang Handal dalam Operasi Intelijen dan Mematikan  

Rabu, 03 Agustus 2022 | 19:41 WIB
header img
Tontaipur merupakan pasukan elite Kostrad yang mempunyai kualifikasi khusus dan handal dalam mengenai sabotase/intelijen dan operasi tempur. Foto: tni.mil.id

JAKARTA, iNewsKobar.id- Tontaipur atau Peleton Intai Tempur merupakan pasukan elite Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) yang mempunyai kualifikasi khusus dan handal dalam mengenai sabotase/intelijen dan operasi tempur dengan misi operasi khusus. Dikutif dari kostrad.mil.id satuan ini dibentuk pada 2001 yang diprakarsai Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu sewaktu menjabat Pangkostrad. 

Pada awalnya dinamai Pleton Intai Keamanan (Tontaikam) Brigade, kemudian diganti menjadi Peleton Intai Tempur (Tontaipur) dan pada 2005 ditingkatkan menjadi Kompi Taipur. 

Prajurit Taipur memiliki keahlian khas melakukan infiltrasi ke jantung musuh secara senyap untuk melakukan sabotase. 

Begitu dibentuk pada 2001 Tontaipur langsung diterjunkan ke Aceh, Poso dan Papua.

Prajurit Tontaipur mempunyai kemampuan khusus melakukan penyusupan ke daerah vital musuh secara senyap untuk melakukan sabotase. Penugasan yang sering dilakukan adalah penyergapan dan penyusupan baik di gunung, dan kota. 

Pasukan Tontaipur juga dibekali kemampuan untuk penggunaan senjata-senjata modern buatan luar negeri berupa senapan serbu, pistol, sangkur dan senapan runduk. Pasukan Tontaipur juga dibekali keahlian sumpit mematikan ini dilakukan untuk keberhasilan infiltrasi ke daerah musuh secara senyap baik di darat, laut maupun udara.


Keahlian yang diberikan kepada prajurit Tontaipur tergolong berat dan berjenjang. anggota Pasukan khusus Kostrad ini dilaktih selama tujuh bulan di Divif I Kostrad Cilodong, Depok, Jawa Barat  hingga puncaknya dilatih oleh pasukan Cakra di Jatiluhur, Purwakarta, Jabar.

Prajurit Tontaipur mahir dalam pertempuran di alam terbuka, bawah air, hingga pertempuran jarak dekat di perkotaan. Prajurit Kompi Taipur ini menguasai teknik intelijen tempur dan mampu menembus pertahanan musuh secara senyap dan efektif.

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut