get app
inews
Aa Read Next : Pria 41 Tahun Hilang di DAS Katingan, Petugas Gabungan Masih Proses Pencarian

Kesbangpol Kalteng Ajak Pemilih Pemula di Lamandau Ikut Berpartisipasi Dalam Pemilu 2024

Senin, 02 Oktober 2023 | 11:33 WIB
header img
Badan Kesbangpol Provinsi Kalteng mengajak pemuda di Kabupaten Lamandau untuk proaktif dalam setiap tahapan pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024./FOTO: ist

 

 

 

LAMANDAU, iNewsKobar.id - Lima bulan lagi gelaran Pemilu 2024 akan dilaksanakan. Untuk itu, sejumlah pihak terus mensosialisikannya ke para pemilih. Kepala Bidang Politik Dalam Negeri, Badan Kesbangpol Provinsi Kalteng, Mulyo Suharto mengajak pemuda di Kabupaten Lamandau untuk proaktif dalam setiap tahapan pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024. Selain sebagai pemilih, juga dalam melakukan pengawasan.

“Pemuda memiliki pengaruh besar dalam menentukan arah dan tujuan bangsa,” ungkap Suharto saat menjadi narasumber sosialisasi pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak Tahun 2024 di GPU Lantang Torang, Nanga Bulik, Senin 2 Oktober 2023.

Ia menyampaikan materi tentang partisipasi pemilih pemula dalam menyukseskan pemilu tahun 2024. Menurutnya, Pemilu merupakan salah satu pilar Demokrasi dan dianggap sebagai salah satu metode terbaik dalam pergantian elit politik.

“Pemilu menjamin hak-hak politik Masyarakat, dan unsur penting dalam Pemilu adalah partisipasi masyarakat.”

Dikatakan Suharto, pemuda memiliki pengaruh besar dalam menentukan arah dan tujuan bangsa. Berawal dari peristiwa ikrar Sumpah Pemuda tahun 1928, pemuda menjadi salah satu hal terpenting bagi Indonesia. Pemuda merupakan ujung tombak dalam menentukan arah kebijakan Pembangunan Bangsa.

“Pemuda memiliki andil sebagai agen perubahan, yang berarti pemuda memiliki peran untuk menjadi pusat dari kemajuan bangsanya sendiri, yaitu Indonesia.”

Peran pemuda dalam politik, lanjut dia, bukan hanya sebatas menjadi pemilih dalam Pemilu, pemuda juga dapat terlibat dalam berbagai organisasi politik, menjadi aktivis sosial, atau bahkan mencalonkan diri sebagai wakil rakyat.

“Sehingga dapat berkontribusi secara nyata untuk mendukung pembangunan,” pungkasnya

Diketahui, pada saat ini telah ditetapkan 18 Partai Politik yang akan menjadi Peserta Pemilu. Pemutakhiran data pemilih sudah dilaksanakan dan sudah ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 75.387 pemilih, terdiri dari 40.070 berjenis kelamin laki-laki dan 35.317 perempuan tersebar di delapan Kecamatan.

Adapun pemilih terbanyak di Kabupaten Lamandau berada di Kecamatan Bulik yang mencapai 28.363 pemilih. Kemudian Kecamatan Sematu Jaya 10.053 pemilih, Kecamatan Menthobi Raya 9.385 pemilih, Kecamatan Lamandau 7.791 pemilih, Kecamatan Bulik Timur 6.470 pemilih, Kecamatan Belantikan Raya 5.963 pemilih, Kecamatan Delang 4.590 pemilih dan Kecamatan Batang Kawa sebanyak 2.330 pemilih.

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut