get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Kobar Belajar Kelola Informasi Publik ke Diskominfo Yogyakarta

Peringati HUT Kobar ke-64, Pemkab Gelar Festival Mahampar Wadai 5

Senin, 30 Oktober 2023 | 05:23 WIB
header img
Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng bersama Perempuan Adat Komunitas Juriat Kotawaringin menggelar Festival Mehampar Wadai 5, Minggu, 29 Oktober 2023 siang./FOTO: ist

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng bersama Perempuan Adat Komunitas Juriat Kotawaringin menggelar Festival Mehampar Wadai 5, Minggu, 29 Oktober 2023 siang. 

Festival tersebut digelar dalam rangka memperingti HUT-64 Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). 

Kegiatan yang berlangsung di Bukit Indra Gentjna Jalan P.R.A Kusumayudha ini dibuka oleh Plh Sekda Kobar, Juni Gultom yang mewakili Pj Bupati Kobar, Budi Santosa.

Plh Sekda mengatakan, acara ini merupakan kegiatan budaya masyarakat adat, guna menghidupkan kembali budaya masyarakat pada zaman dulu.

"Kegiatan ini sudah 5 kali digelar sejak tahun 2015. Hal ini aebagai upaya kita aemua untuk menghidupkam kembali nilai luhur kerarifan lokal masyarakat adat Kutaringin," jelas Plh Sekda.

Juni Gultom melanjutkan, keberadaan wadai atau kue tradisional dalam kehidupan sehari-hari masyarakat serta adat sudah sangat dekat sejak dulu.

"Karena setiap prosesi adat, mulai dari prosesi adat kelahiran hingga kematian, wadai selalu ada dalam prosesi adat tersebut," ungkap Plh Sekda.

Dalam festival yang dihadiri oleh ratusan masyarakat tersebut, juga digelar lelang wadai. Salah satu peserta lelang wadai itu adalah Plh Sekda yang berhasil memenangkan lelang wadai Sarikaya Labu.

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut