get app
inews
Aa Text
Read Next : Pemkab Kobar Minta PWI Gelar Pelatihan Menulis untuk Pelajar

Permudah Akses Masyarakat, 24 Layanan Publik Hadir di MPP Pemkab Kobar

Kamis, 21 November 2024 | 10:47 WIB
header img
Pemkab Kobar sediakan 24 jenis layanan publik yang terintegrasi dalam satu lokasi melalui Mall Pelayanan Publik. (Foto: dok Pemkab Kobar)

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Pemkab Kobar) kini menyediakan 24 jenis layanan publik yang terintegrasi dalam satu lokasi melalui Mall Pelayanan Publik (MPP). Langkah ini diambil untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses berbagai layanan administrasi tanpa harus berpindah tempat.

"Program MPP itu, ada 24 jenis layanan yang dapat diakses. Dengan begitu masyarakat tidak perlu lagi berpindah-pindah tempat untuk mengurus berbagai administrasi," kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kobar, Kamaludin.

Menurut Kamaludin, layanan yang tersedia di MPP mencakup berbagai sektor, mulai dari kementerian, lembaga, pemerintah daerah, badan usaha milik negara, badan usaha milik daerah, hingga sektor swasta.

"Melalui konsep pelayanan terpadu dalam satu tempat, MPP diharapkan mampu memberikan kemudahan, kenyamanan, keamanan, serta kecepatan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat," ujarnya.

Dia mengungkapkan, bahwa MPP sudah menjalani uji coba sebagai bentuk kesiapan petugas dalam memberikan layanan kepada masyarakat.  “MPP ini merupakan wujud nyata sinergi antara pemerintah pusat dan daerah untuk mengedepankan kepentingan masyarakat," ucapnya.

Kamaludin menjelaskan, MPP bertujuan memberikan layanan yang cepat, mudah, nyaman, dan aman, sehingga membawa perubahan signifikan terhadap kualitas pelayanan publik di Kabupaten Kobar. Selain meningkatkan pelayanan publik, keberadaan MPP diharapkan menjadi katalisator untuk memperbaiki iklim investasi di daerah. 

"Integrasi sistem layanan ini diharapkan mempercepat proses perizinan dan administrasi lainnya, serta mengurangi waktu yang sebelumnya terbuang dalam proses pengurusan,” katanya.

Dia memastikan pemerintah daerah berkomitmen melakukan evaluasi berkelanjutan agar MPP terus berkembang dan memenuhi harapan masyarakat. "Ke depannya, pemerintah daerah juga berencana memperluas jenis layanan yang tersedia, sehingga semakin banyak kebutuhan masyarakat yang dapat dilayani dalam satu tempat," tuturnya.

Dengan hadirnya MPP, Pemkab Kobar optimistis mampu memberikan solusi nyata terhadap tantangan pelayanan publik di daerah, sekaligus mendukung pembangunan yang lebih baik di masa mendatang.

Editor : Rizqa Leony PutriMPI Marketing

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut