Keren! Desa Pasir Panjang Kobar Masuk 75 Besar ADWI 2023 Kemenparekraf

Sigit Dzakwan Pamungkas
Desa Pasir Panjang, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), berhasil masuk 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2023./Foto: Istimewa

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - Desa Pasir Panjang, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), berhasil masuk 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2023.

Dalam kesempatan ini, perwakilan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia (RI) mengunjungi Desa Wisata Pasir Panjang, dalam rangka penilaian, Kamis, 22 Juni 2023.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Uno yang diwakili Direktur Tata Kelola Destinasi, Indra Ni Tua disambut dengan berbagai atraksi kesenian tari Lawang Sakepeng dan tarian menyambut tamu, dari Sanggar Tari Sahaluan Laman Tuha.

Turut mendampingi, Pj Bupati Kobar Budi Santosa, Plh Sekda Kobar Juni Gultom, sejumlah jajaran Pemkab Kobar, Kades Pasir Panjang Tamel Otol, Pokdarwis, serta pengurus desa setempat.

Indra Ni Tua menyampaikan, bahwa Desa Wisata Pasir Panjang memiliki sejumlah destinasi wisata yang sangat menarik, sehingga dari 4.573 Desa se Indonesia, Desa Wisata Pasir Panjang masuk 75 besar.

"Sudah dua tahun berturut-turut, Desa Wisata yang diajukan Pemkab Kobar ini masuk nominasi ADWI, pertama Desa Wisata Sei Sekonyer dan tahun ini yaitu Desa Wisata Pasir Panjang. Tentu kami sangat apresiasi untuk masyarakat Kotawaringin Barat," ujarnya.

Lanjutnya, sejumlah hal menarik ada di desa Wisata Pasir Panjang, salah satunya keberadaan Klinik Orangutan, kemudian wisata alam dan budayanya.

"Di desa ini ada klinik Orangutan. Tidak semua Desa ada, dan ini menjadi atraksi yang menarik. Karena saat ini, orang semakin sadar bahwa hewan adalah bagian dari kehidupan," sebutnya.



Editor : Sigit Pamungkas

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network