Waket I DPRD Kobar Mendukung Upaya Pemkab Tekan Angka Stunting

Sigit Dzakwan Pamungkas
Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Barat Rudi Imam Gunawan./FOTO: dok

 

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Barat Rudi Imam Gunawan, mendukung program pemerintah daerah dalam menurunkan angka stunting dan penghapusan kemiskinan.

Ia menyambut baik pidato pengantar yang telah di sampaikan oleh Peniabat Bupati Kobar Budi Santosa Sudarmadi dalam penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) APBD Tahun Anggaran 2025.

"Dalam Ranperda APBD Tahun Anggaran 2025 yang diajukan oleh Pemkab Kobar, dari 9 poin program prioritas yang disampaikan, di antaranya perihal penurunan angka stunting dan penurunan angka kemiskinan. Di mana kedua program ini merupakan program Nasional yang harus kita dukung hingga realisasinxa tercapai seperti yang kita harapkan," ujarnya.

Sebab lanjut Rudi, masalah stunting dan kemiskinan ekstrem saling berkaitan, untuk itu penanganannya harus di lakukan secara stimulan bukan sekedar seremoni saja. 

Penyelesaian permasalahan tersebut harus berkelanjutan demi mencapai cita cita bangsa ini.

"Kami harapkan agar pemerintah daerah untuk lebih giat lagi meningkatkan penanganan stunting dan kemiskinan,selain itu perlu adanya sinergitas yang kuat dari stakeholder lainnya, jika penanganan masalah ini dilakukan secara gotong royong dan berkelanjutan maka akan mencapai yang ditargetkan.”

Ia menambahkan, DPRD Kobar turut serta dalam melawan kemiskinan dan stunting, dengan tiga tugas pokok dan fungsi DPRD yakni fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan.

Menurutnya dari segi legislasi DPRD bersama pemerintah daerah akan membahas, untuk menghasilkan produk hukum berupa Peraturan Daerah yang menyangkut peningkatan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya juga dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat secara adil dan merata.

"Kami akan awasi bagaimana pelaksanaan program kerja yang akan di bahas dan di sepakati bersama, karena tugas kami pun mengawasi pelaksanaan di lapangan,agar hasilnya pun mencapai tujuan yang maksimal.”

 

 

Editor : Sigit Pamungkas

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network