Logo Network
Network

10 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Paling Mudah Dapat Kerja, No 6 Teknik Informatika 

MN Purwadi
.
Rabu, 12 Oktober 2022 | 12:04 WIB
10 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Paling Mudah Dapat Kerja, No 6 Teknik Informatika 
ilustrasi mahasiswa., Foto: Dok MPI

7. Bahasa Asing 

Bukan rahasia lagi jika kini banyak perusahaan yang secara spesifik menyebutkan bahwa perusahaannya membutuhkan karyawan yang memiliki kemampuan bahasa asing yang bagus dalam merekrut karyawannya.

Hal inilah yang membuat jurusan bahasa asing, seperti bahasa inggris, bahasa mandarin, atau bahasa jepang masuk ke dalam jurusan yang banyak dicari di dunia kerja nantinya. 

Prospek pekerjaan yang bisa diambil jurusan ini tidak hanya sekedar penerjemah, tapi juga bisa menjadi jurnalis, interpreter, hingga staf diplomatik. Menarik bukan? 

8. Psikologi 

Jurusan yang banyak dicari di dunia kerja selanjutnya adalah jurusan psikologi. Seperti yang diketahui, kini jasa psikolog makin dibutuhkan karena makin banyak yang menyadari pentingnya menjaga kesehatan mental. 

Lulusan psikologi dibutuhkan untuk banyak hal, mulai dari menganalisis, memecahkan masalah, mengelola data, melakukan asesmen, dan mengelola empati.

Peluang kerja lulusan psikologi tidak hanya sekedar menjadi psikolog, tapi juga sebagai asesor, konsultan pendidikan, dan personalia. 

9. Arsitektur 

Siapa bilang jurusan arsitektur tidak banyak dicari di dunia kerja? Nyatanya, jurusan satu ini memiliki prospek kerja yang bagus karena banyak dibutuhkan di industri kreatif.

Lulusan arsitektur biasanya dicari sebagai desainer spasial dan interior, perencanaan wilayah, desainer set di industri hiburan, surveyor bangunan hingga peninjau bangunan bersejarah. 

Meski jurusan kuliah semakin banyak, nyatanya 8 jurusan yang telah disebutkan di atas tidak pernah sepi peminat, karena memang dibutuhkan di dunia kerja.

10. DKV atau Desain Komunikasi Visual

Salah satu juruan kuliah yang banyak diminati karena diketahui banyak prospek kerjanya, terutama di era industri 4.0 adalah jurusan DKV atau Desain Komunikasi Visual. 

Jurusan ini mengajari berbagai macam hal mulai dari seni desain ilustrasi, desain web, hingga animasi. 

Intinya mahasiswa lulusan DKV harus bisa mengelola pesan dan konsep komunikasi secara efektif, informatif, dan komunikatif melalui media yang ada.

Prospek kerja lulusan DKV antara lain web designer, graphic designer, illustrator, art director, visual designer, creative director, hingga animator. 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Kobar di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini