get app
inews
Aa Read Next : Nekad Terobos Perbatasan Malaysia Tanpa Dokumen, 5 WNI Diamankan Imigrasi

Pulau Unik dengan Pemandangan Indah Ini Bisa Bergerak Sendiri Setiap Pagi dan Sore

Rabu, 01 Maret 2023 | 11:45 WIB
header img
Pulau Begansar di Kalimantan Barat (Kalbar) bisa bergerak sendiri. Foto: Ist

JAKARTA, iNews.id - Pulau bisa bergerak sendiri? Pertanyaan ini mungkin terdengar aneh. Namun, Pulau Begansar di Kalimantan Barat (Kalbar) bisa bergerak sendiri. Fenomena pulau bergerak ini, membuat penasaran banyak orang.

Pulau Begansar terletak di Danau Bagut, Dusun Kuala Buin, Desa Entibab, Kecamatan Bunut Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Karena keunikan pulau ini maka banyak sekali orang yang datang dan mencari tahu berbagai hal tentang pulau Begansar. 

Pulau Begansar bergerak pada waktu tertentu Pulau Begansar bergerak pada waktu-waktu tertentu, yaitu sekitar pukul 08.00 hingga 15.00, pulau kembali ke tempat semula. Jadi jika ingin melihat pergerakan pulau ini secara langsung, bisa dicoba untuk datang di waktu-waktu tersebut. 

Pulau Begansar merupakan fenomena alam yang biasa dikenal dengan istilah sandbar atau pulau di tengah-tengah sungai. Di mana bar tersebut terisi dengan pasir yang saat kering ditumbuhi pohon, hingga pohon tumbuh besar. 

Di bagian bawahnya terdapat akar tunggang yang mengikat pasir, atau tanah pembentuk pulau yang menancap di dasar danau. Oleh sebab itu pulau Begansar bergerak mengikuti arus bukan berjalan sendiri. 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut