get app
inews
Aa Read Next : Nekad Terobos Perbatasan Malaysia Tanpa Dokumen, 5 WNI Diamankan Imigrasi

Pulau Unik dengan Pemandangan Indah Ini Bisa Bergerak Sendiri Setiap Pagi dan Sore

Rabu, 01 Maret 2023 | 11:45 WIB
header img
Pulau Begansar di Kalimantan Barat (Kalbar) bisa bergerak sendiri. Foto: Ist

Di kawasan Danau Bagut, mulanya terdapat tujuh pulau yang bisa bergerak. Namun kini lima pulau tersebut sudah mati dan tidak bisa bergerak lagi. Kini tersisa dua pulau yang bisa bergerak. Meskipun pulau bergerak atau pulau Begansar tak begitu besar. Pulau ini mampu menahan atau menampung 40 sampai 50 orang dan masih bisa bergerak dengan baik. 

Ternyata bergeraknya Pulau Begansar ini sudah terjadi sejak zaman dahulu. Menurut cerita atau legenda masyarakat zaman dahulu, Pulau Begansar ditemukan oleh seorang pria bernama Bagut, yang kemudian menjadi penamaan dari danau di kawasan tersebut. 

Singkat cerita, Bagut yang berprofesi sebagai petani dan nelayan ini, mencoba untuk mengikat pulau Begansar dengan rotan karena pergerakannya mengganggu aktivitas Bagut. 

Kemudian dia berupaya mengikatnya selama 99 kali namun tetap gagal, karena rotan tak cukup kuat untuk melawan kuatnya pergerakan pulau itu, Bagut pun terus mencoba, hingga penghuni dari pulau Begansar berpesan kepadanya apabila pulau berhenti bergerak imbalannya adalah nyawa Bagut. 

Itulah beberapa keunikan dari pulau Begansar yang bisa bergerak sendiri. Semoga hal ini dapat menambah pengetahuan atau wawasan.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut