get app
inews
Aa Read Next : Begini Cara Mendapatkan Centang Biru di Instagram dengan Berbayar

Risiko Instal Threads, Data Sensitif Bisa Bocor

Selasa, 11 Juli 2023 | 20:16 WIB
header img
Threads merupakan aplikasi baru yang dibuat oleh Instagram untuk berbagi teks dan berpartisipasi dalam percakapan publik. (Foto: Thestar)

JAKARTA, iNewsKobar.id  – Threads merupakan aplikasi baru yang dibuat oleh Instagram untuk berbagi teks dan berpartisipasi dalam percakapan publik. Ini merupakan salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh Meta.

Saat ini, orang-orang di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, ramai-ramai mengunduh aplikasi Threads di ponsel pintar mereka untuk mengikuti gaya hidup. Tapi, mereka tidak menyadari ada risiko besar saat menggunakan platform media sosial baru itu.

Melihat ramainya yang mengunduh Threads, pakar digital Anthony Leong mengatakan ada bahaya pencurian data. Pasalnya, perusahaan Meta dikenal dengan proses data mining atau penambangan data-data dari penggunanya.

Menurutnya, data-data ini bisa digunakan berbagai brand atau iklan. Mereka mempelajari demografi sekaligus memastikan produk yang ditawarkan saat pengguna berseluncur di dunia maya sesuai dengan data diri yang berbasis data pribadi di Facebook.

“Threads sebagai produk Meta tampaknya tidak terlalu menghargai data pribadi kita dan ini bisa terjadi ketika pengguna meng-install aplikasinya di ponsel kita. Layaknya aplikasi lain, saat melakukan instalasi, Threads akan meminta izin akses di ponsel pintar Anda,” kata Anthony dalam keterangan resmi.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Kobar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut