get app
inews
Aa Read Next : Begini Cara Mendapatkan Centang Biru di Instagram dengan Berbayar

Risiko Instal Threads, Data Sensitif Bisa Bocor

Selasa, 11 Juli 2023 | 20:16 WIB
header img
Threads merupakan aplikasi baru yang dibuat oleh Instagram untuk berbagi teks dan berpartisipasi dalam percakapan publik. (Foto: Thestar)

Anthony juga menambahkan bahwa Threads tampaknya berniat melakukan data mining sebesar-besarnya untuk kebutuhan bisnis, iklan, dan big data. Ia mengungkapkan apabila data sensitif ini bocor akan sangat berbahaya.

Hal ini diketahui usai munculnya permintaan izin akses Threads di iPhone. Di sana dijelaskan bahwa pihak pengembang Instagram Inc. memiliki kebijakan khusus terkait privasi data.

Dengan instalasi Threads, maka data terkait kesehatan, pembelanjaan, informasi finansial, lokasi GPS, kontak serta informasi di dalamnya, konten pengguna, jejak pencarian di history, browsing history, diagnostics perangkat, paket data, pengidentifikasian, informasi pribadi yang sensitif, dan lainnya akan diakses oleh aplikasi terbaru dari Meta itu.

“Melihat besarnya data mining ini, kita menghimbau bagi masyarakat Indonesia agar berhati-hati. Karena aplikasi ini mengakses banyak hal sensitif di perangkat kita. Bila kita yang tidak mau data pribadi dibagikan ke publik, maka kami sarankan untuk tidak install Threads,” ujar CEO Menara Digital itu.

Wakil Sekretaris Jenderal BPP HIPMI itu juga menjelaskan salah satu bahaya dari aksi ini adalah pengguna harus siap dimonitoring. Pasalnya, ketika menggunakan Threads, maka apa pun yang dilakukan pada ponsel pintar akan terserat oleh Meta.

“Jika security system oleh Meta tidak baik, maka data sensitif kita ini semua bisa bocor juga ke publik. Semoga tidak terjadi, tapi ini sangat rentan,” ucap Anthony.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut