get app
inews
Aa Read Next : Jadi Budak Sabu, Seorang Pedagang Ditangkap Polisi di Kobar

Mangsa Burung, Ular Piton 3 Meter Dievakuasi Petugas Damkarmat Kotim Dari Dalam Kandang

Minggu, 29 Mei 2022 | 18:30 WIB
header img
Mangsa burung peliharaan warga, seekor ular piton sepanjang 3 meter dievakusi oleh petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalteng, Minggu, 29 Mei 2022./FOTO: Istimewa

KOTAWARINGIN TIMUR, iNews.id - Mangsa burung peliharaan warga, seekor ular piton sepanjang 3 meter dievakusi oleh petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalteng, Minggu, 29 Mei 2022.

Pemilik burung adalah Warsun, warga Jalan Bumi Raya I, Kelurahan Baamang Barat, Kecamatan Baamang.

Warsun mengetahui kejadian itu, sekitar pukul 05.00 pagi. Saat itu dia berniat ingin memberi makan burung peliharaanya. Namun ia kaget seekor ular besar telah melilit burungnya di dalam kandang hingga mati lemas.

"Melihat itu saya langsung tinggalkan dan menghubungi petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kotawaringin Timur untuk meminta pertolongan," jelas Warsun.

Mendapatkan laporan itu, sebanyak 7 personel Disdamkarmat Kotim dikerahkan ke lokasi. Setiba di kediaman pelapor, petugas menanyakan terlebih dahulu tentang keberadaan seekor ular tersebut terakhir dilihat. 

 

"Setelah mendapatkan informasi, petugas kami langsung diarahkan menuju kandang burung peliharaannya," jelas Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Disdamkarmat Kotim, Hery Wahyudi. 

 

 

Setelah memastikan keberadaan ular,  petugas meminta izin terlebih dahulu untuk membongkar kandang agar ular tersebut bisa dikeluarkan.

 

 

Tidak lama kemudian, seekor ular piton batik atau dikenal dengan nama latin Malayopython reticulatus berhasil dikeluarkan dan langsung diamankan oleh petugas. Namun burung sudah mati karena dililit ular namun belum sempat dimakan.

 

Selanjutnya ular tersebut dibawa dan akan dilepasliarkan di lokasi yang jauh dari permukiman warga.

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Berita iNews Kobar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut